PENGUNJUNG
BElajar BLOG
- 1. Panduan membuat blog
- 2. Cara setting blog
- 3. Memilih template
- 4. Mengatur huruf dan warna
- 5. Cara memposting artikel
- 6. buat Read more pada template klasik
- 7. Cara membuat Text Area
- 8. Cara membuat menu dropDown
- 9. cara Upload foto
- 10. Cara membuat Link(1)
- 11. Cara membuat Link(2)
- 12. Cara membuat marquee (text berjalan)
- 13. Cara membuat efek Refresh
- 14. Kode HTML tampil pada postingan
- 15. Masalah posting artikel
- 16. Simbol Yahoo! Emoticons
- 17. Simbol Blogger Emoticons
- 18. Cara Pasang jam
- 19. Cara membuat banner animasi
- 20. Cara membuat buku tamu
- 21. HTML Tutorial
- 22. Free Download
- 23. Foto animasi
- 24. Cara pasang Statistik & Tracker
- 25. Perlunya IE dan FireFox
- 26. Cara pasang musik
- 27. Logo & Button
- 28. Membuat Menu D Tree (menu mirip pada windows explorer)
- 29. HTML Tutorial(2)
- 30. Membuat Read more pada template baru
- 31. User Online status
- 32. Cara membuat blogroll Alternatif
- 33. Cara pasang gambar
- 34. Cara membuat Icon YM
- 35. cara pasang Video
- 36. Daftar Mybloglog
- 37. Membuat Navigasi dengan CSS
- 38. Template baru VS template Klasik
- 39. Membuat Penggalan Artikel
- 40. Membuat Link Untuk Download
- 41. Menu Dropdown dengan JavaScript
- 42. Menu Dropdown dengan JavaScript (2)
- 43. Cara Membuat Favicon
- 44. Pasang Recent Comments
- 45. Text Berjalan di Bar menu
- 46. Rotating banner
- 47. Cara membuat kategori (label)
- 48. Read more versi baru
- 49. Pasang Link di New Blogger Template
- 50. Cara Pasang Feed di Blog
- 51. Pasang Banner di Header Blog
- 52. Membuat Banner Bertaburan
- 53. Tips Menghilangkan Border Image
- 54. Cara membuat Navigasi Dengan Css (2)
- 55. Mengatur Perataan Posting Artikel
- 56. Tips Mengganti Background Blog
- 57. Pasang Image pada judul Artikel
- 58. Membuat link satu halaman
- 59. Photo profile berbingkai
- 60. Photo profile berbingkai
- 61. Gambar berbingkai
- 62. Image dalam kode marquee
- 63. Pasang kode tuker link
- 64. Cara daftar search engine
- 65. Cepat terindeks di google
- 66. Pasang Kalender
- 67. Hilangkan garis bawah Link
- 68. Ubah Warna Link
- 69. Pelacak IP Address
- 70. Pasang Jadwal Sholat
- 71. Mengubah lebar kolom template
- 72. Daftar Google Sitemap
- 73. Daftar Feedburner
- 74. Pasang Snaps Shots
- 75. membuat navbar
- 76. pasang label cloud
- 77. Membuat tulisan bergaya koran
- 78. horizontal dropdown menu
- 79. membuat marquee text dalam gambar
- 80. Marquee dengan Javascript
- 81. Siapa yang pasang link ke blog kita
- 82. Kotak komentar dengan haloscan
- 83. Cara membuat daftar isi blog
- 84. Cara menghilangkan Subcribe to
- 85. Tips menambah kolom pada template baru
- 86. Setting Widget Mybloglog
- 87. membuat kursor animasi
- 88. Download Mini Icon
- 89. Menyisipkan Mini icon pada label
- 90. Lebih jauh mengenai Read more
- 100. Cara menghilangkan navbar Blogger
- 101. Cara membuat frame iklan
- 102. Cara mengganti warna sidebar pada template minima
- 103. menyisipkan Icon pada View Profile
- 104. Baca feed melalui Google Reader
- 105. Cara Upload data ke Google Page Creator
- 106. Cara membuat ONLINE BOOKMARK
- 107. mengenal perintah Iframe
- 108. Cara menampilakan karakter khusus
- 109. tutorial software HTML Color V.1.4
- 110. Cara pasang search engine di blog
- 111. Membuat sidebar ada di kiri dan kanan
- 112. Tutorial software scott box shot maker
- 113. Menambah emoticons di shoutbox
- 114. Tips membuat multi kolom
- 115. Cara membuat tabel di blog
- 116. Membuat kotak komentar langsung di halaman posting
- 117. Horizontal tab menu j
- 118. Horiontal tab menu 10
- 119. POp up generator
- 120. Backup blog secara Online
- 121. Atasi error widget harus unik
- 122. Backup data dalam widget
- 123. Pasang fasilitas print
- 124. Trik mudah membuat Read more
- 125. Kotak komentar langsung dalam post untuk template klasik
- 126. Pasang google talk di blog
- 127. Pasang feed dalam kode marquee
- 128. Pasang yahoo messenger (2)
- 129. Pasang google talk di blog (2)
- 130. Hilangkan angka dalam label
- 131. Tips Search Engine Optimization (SEO)
- 132. Pasang Game di blog
- 133. Free CSS menu tabs 6
- 134. Setor muka via gravatar
- 135. membuat gambar thumbnail
- 136. Read more sejajar dengan posting
- 137. Pasang tombol digg
- 138. Upload gambar ke yahoo geocities
- 139. Pasang favicon
- 140. Drop down menu sama lebar
- 141. Drop down menu dengan CSS
- 142. membuat daftsr isi (2)
- 143. Pasang widget post terbaru dan komentar terbaru
- 144. pasang yahoo emoticon (2)
- 145. install assteg emoticon ke post editor
- 146. membuat background posting berbeda-beda
- 147. Pasang iklan google adsense di bawah posting
- 148. Pasang iklan kliksaya.com di bawah read more
- 149. cara membagi dua kolom header
- 150. Install Emoticon More-smilies Cosa aranda ke Editor Posting
- 151. Buat Tulisan bergaya web 2.0 secara Online
- 152. Ziddu - free file hosting
- 153. Tutorial navigasi : Dynamic-FX Slide-In menu
- 154. Free Logo Maker
- 155. Cara Membuat Favicon (2)
- 156. Atasi error copy paste kode wordpress
- 157. fitur-fitur baru dari Blogger.com
- 158. Setting komentar di bawah posting
- 159. Kotak Komentar di bawah Posting
- 160. membuat efek Photo Blur
- 161. Mengubah Lebar Arsip Dropdown
- 162. Cara mengcopy gambar di layar monitor
- 163. menyimpan widget di bawah header
- 164. Cara membuat elemen Persis di bawah header
- 165. Mengatur Tampilan Judul Sidebar
- 166. Google Docs : pasang data excel di blog
- 167. Mengatur tampilan judul posting
- 168. Widget baru mybloglog
- 169. fitur baru blogger
- 170. Membuat warna link berkedip
Link's
Friday, March 6, 2009
Tahap Kreatifitas: bermain-main dengan Aljabar
9:20 AM | Posted by
Moh Yahya |
Edit Post
Being creative is seeing the same things as everybody else but thinking of something different"
Kreatifitas didefinisikan sebagai proses mental yang melibatkan penciptaan suatu konsep dan ide-ide yang baru, atau melihat hubungan yang baru antara berbagai konsep dan ide-ide yang telah ada.. Dari sudut pandang ilmu pengetahuan, hasil dari pikiran yang kreatif dapat diukur dari Keasliannya (originality) dan Kelayakannya (appropriateness).Robert Epstein, Ph.D, seorang psikolog mengatakan bahwa sebetulnya setiap manusia memiliki kemampuan kreatifitas. Dengan demikian tidak ada alasan kita mengatakan "Saya bukan orang yang kreatif", yang ada hanyalah belum mengasah potensi kreatifitas yang dimilikinya. Semakin sering kita mengikuti pelatihan yang mengasah kreatifitas, semakin baik potensi kreatifitas yang dimiliki. Kreatifitas bisa terjadi karena kita mencoba sesuatu dengan sengaja. Dari sengaja kita mampu untuk mengerjakannya dan akhirnya terbiasa. Jadi kreatifitas dapat muncul karena kita terbiasa untuk berkreasi.
Secara singkat, kita dapat menyebutkan keuntungan yang diperoleh Menjadi Orang yang Kreatif , yaitu:
1. Dapat mengembangkan potensi kita diluar batasan inteligensi
2. Menemukan cara yang baru dan lebih baik untuk memecahkan masalah
3. Dapat meningkatkan pengetahuan dan Meningkatkan proses belajar
Dalam artikel ini, pengertian kreatifitas difokuskan pada bidang Matematika, yaitu dalam kemampuan memecahkan masalah-masalah matematika. Untuk memecahkan masalah matematika terdapat banyak cara, oleh karena itu dibutuhkan kreatifitas disini baik untuk membuat pemecahan yang baru, maupun untuk melihat hubungan dengan pemecahan-pemecahan yang telah ada.sebelumnya. Secara umum langkah untuk memecahkan masalah adalah Memahami masalah yang dihadapi secara jelas, Menganalisa penyebab dari masalah tersebut, Merencanakan alternatif-alternatif penyelesaiannya, menggali setiap alternatif yang ada dan terakhir adalah Mengevaluasi apakah masalah telah terpecahkan atau belum.
Dalam tahap awal pengajaran Matematika, biasanya akan difokuskan pada Aritmatika Dasar sampai anak menguasai perhitungan mental dengan baik sehingga telah tumbuh kepercayaan diri akan kemampuan menghitungnya, yang dengan mudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya anak dapat melangkah ke tahap berikutnya yaitu tahap kreatifitas, yang terutama adalah mengajarkan Aljabar Elementer. Dalam aljabar digunakan simbol (biasanya berupa huruf) untuk merepresentasikan bilangan secara umum sebagai sarana penyederhanaan dan alat bantu memecahkan masalah. Dengan menggunakan aljabar, Anda dapat menyelidiki pola aturan aturan bilangan umumnya.
Dalam tahap kreatifitas ini, mula-mula anak diajarkan untuk menurunkan setiap formula yang telah mereka pakai dalam tahap sebelumnya. Dan kemudian diajarkan bagaimana untuk memodifikasi formula-formula tersebut untuk mempercepat dan mempermudah perhitungan. Selanjutnya mereka diperkenalkan dengan teka-teki (puzzle) matematika yang umumnya berupa soal-soal cerita untuk mengasah kreatifitas mereka dalam memecahkan permasalahan.
Dalam memecahkan masalah matematika ini, ada beberapa pendekatan yang telah diidentifikasikan, misalnya Analogi, Induksi, Variasi Masalah, Melihat Masalah yang Berkaitan, Spesialisasi, Dekomposisi Masalah, Menggunakan Langkah Terbalik, Membuat Gambar, dan Menambahkan Elemen Bantuan.Untuk membangun kreatifitas pada seorang anak, pendekatan-pendekatan ini dapat diperkenalkan sejak awal untuk membantu mereka memecahkan soal-soal matematika yang dihadapi agar selanjutnya mereka dapat memecahkan masalah tersebut secara mandiri
Sebagai contoh sederhana, adalah mencari pola dari bilangan pangkat. Setelah anak terbiasa dengan menghitung pangkat dua atau pangkat tiga. Mereka secara spontan akan bertanya mengenai formula-formula yang lebih tinggi. Padahal untuk pangkat yang tinggi, polanya hampir sama saja, dan secara umum membentuk semacam Binomial Newton. Penurunan pola-pola horisontal inilah yang dapat diajarkan untuk melatih kreatifitas anak.
Perhatikan pola-pola berikut ini:
ab^2 = a^2 2*a*b b^2
ab^3 = a^3 3*a^2*b 3*a*b^2 b^3
sehingga bisa memperkirakan pola untuk pangkat empat sbb:
ab^4 = a^4 4*a^3*b 6*a^2*b^2 4*a*b^3 b^4
Jika diperhatikan pola untuk Konstantanya akan membentuk Pola Segitiga Pascal, sbb:
1
1 1
1 2 1
1 3 3 1
1 4 6 4 1
Kreatifitas didefinisikan sebagai proses mental yang melibatkan penciptaan suatu konsep dan ide-ide yang baru, atau melihat hubungan yang baru antara berbagai konsep dan ide-ide yang telah ada.. Dari sudut pandang ilmu pengetahuan, hasil dari pikiran yang kreatif dapat diukur dari Keasliannya (originality) dan Kelayakannya (appropriateness).Robert Epstein, Ph.D, seorang psikolog mengatakan bahwa sebetulnya setiap manusia memiliki kemampuan kreatifitas. Dengan demikian tidak ada alasan kita mengatakan "Saya bukan orang yang kreatif", yang ada hanyalah belum mengasah potensi kreatifitas yang dimilikinya. Semakin sering kita mengikuti pelatihan yang mengasah kreatifitas, semakin baik potensi kreatifitas yang dimiliki. Kreatifitas bisa terjadi karena kita mencoba sesuatu dengan sengaja. Dari sengaja kita mampu untuk mengerjakannya dan akhirnya terbiasa. Jadi kreatifitas dapat muncul karena kita terbiasa untuk berkreasi.
Secara singkat, kita dapat menyebutkan keuntungan yang diperoleh Menjadi Orang yang Kreatif , yaitu:
1. Dapat mengembangkan potensi kita diluar batasan inteligensi
2. Menemukan cara yang baru dan lebih baik untuk memecahkan masalah
3. Dapat meningkatkan pengetahuan dan Meningkatkan proses belajar
Dalam artikel ini, pengertian kreatifitas difokuskan pada bidang Matematika, yaitu dalam kemampuan memecahkan masalah-masalah matematika. Untuk memecahkan masalah matematika terdapat banyak cara, oleh karena itu dibutuhkan kreatifitas disini baik untuk membuat pemecahan yang baru, maupun untuk melihat hubungan dengan pemecahan-pemecahan yang telah ada.sebelumnya. Secara umum langkah untuk memecahkan masalah adalah Memahami masalah yang dihadapi secara jelas, Menganalisa penyebab dari masalah tersebut, Merencanakan alternatif-alternatif penyelesaiannya, menggali setiap alternatif yang ada dan terakhir adalah Mengevaluasi apakah masalah telah terpecahkan atau belum.
Dalam tahap awal pengajaran Matematika, biasanya akan difokuskan pada Aritmatika Dasar sampai anak menguasai perhitungan mental dengan baik sehingga telah tumbuh kepercayaan diri akan kemampuan menghitungnya, yang dengan mudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya anak dapat melangkah ke tahap berikutnya yaitu tahap kreatifitas, yang terutama adalah mengajarkan Aljabar Elementer. Dalam aljabar digunakan simbol (biasanya berupa huruf) untuk merepresentasikan bilangan secara umum sebagai sarana penyederhanaan dan alat bantu memecahkan masalah. Dengan menggunakan aljabar, Anda dapat menyelidiki pola aturan aturan bilangan umumnya.
Dalam tahap kreatifitas ini, mula-mula anak diajarkan untuk menurunkan setiap formula yang telah mereka pakai dalam tahap sebelumnya. Dan kemudian diajarkan bagaimana untuk memodifikasi formula-formula tersebut untuk mempercepat dan mempermudah perhitungan. Selanjutnya mereka diperkenalkan dengan teka-teki (puzzle) matematika yang umumnya berupa soal-soal cerita untuk mengasah kreatifitas mereka dalam memecahkan permasalahan.
Dalam memecahkan masalah matematika ini, ada beberapa pendekatan yang telah diidentifikasikan, misalnya Analogi, Induksi, Variasi Masalah, Melihat Masalah yang Berkaitan, Spesialisasi, Dekomposisi Masalah, Menggunakan Langkah Terbalik, Membuat Gambar, dan Menambahkan Elemen Bantuan.Untuk membangun kreatifitas pada seorang anak, pendekatan-pendekatan ini dapat diperkenalkan sejak awal untuk membantu mereka memecahkan soal-soal matematika yang dihadapi agar selanjutnya mereka dapat memecahkan masalah tersebut secara mandiri
Sebagai contoh sederhana, adalah mencari pola dari bilangan pangkat. Setelah anak terbiasa dengan menghitung pangkat dua atau pangkat tiga. Mereka secara spontan akan bertanya mengenai formula-formula yang lebih tinggi. Padahal untuk pangkat yang tinggi, polanya hampir sama saja, dan secara umum membentuk semacam Binomial Newton. Penurunan pola-pola horisontal inilah yang dapat diajarkan untuk melatih kreatifitas anak.
Perhatikan pola-pola berikut ini:
ab^2 = a^2 2*a*b b^2
ab^3 = a^3 3*a^2*b 3*a*b^2 b^3
sehingga bisa memperkirakan pola untuk pangkat empat sbb:
ab^4 = a^4 4*a^3*b 6*a^2*b^2 4*a*b^3 b^4
Jika diperhatikan pola untuk Konstantanya akan membentuk Pola Segitiga Pascal, sbb:
1
1 1
1 2 1
1 3 3 1
1 4 6 4 1
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment